Penerapan Prinsip Desain Dalam Meningkatkan Antar Muka Pengguna (Studi Kasus Game Ethan: Into Reality Game)

Authors

  • Albert Richardo Universitas Pradita
  • Wahyu Tisno Atmojo Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.56995/sintek.v5i1.83

Keywords:

Desain antarmuka, pengalaman pengguna, prinsip desain, entertainment game, User-Centered Design.

Abstract

 

Pada penelitian yang dilakukan dalam menganalisis antarmuka design pengguna ada game yang bernama Ethan: Into Reality Game yang bergenre Entertainment dengan memanfaatkan metode perancangan desain yaitu User Centered Design (UCD) yang bertujuan agar meningkatkan pengalaman pengguna dari segi visual dan fungsionalnya. Hasil analisis antarmukanya menunjukan bahwa game Ethan: Into Reality Game memiliki antarmuka dengan elemen-elemen yang ada yang tidak konsisten, yang dapat menyebabkan penurunan pengalaman pengguna. Maka itu untuk menghasilkan antarmuka yang baik adalah menerapkan desain principle yang dimana terdapat kesederhanaan, konsistensi visual, dan fungsionalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan prinsip desain berhasil menciptakan antarmuka yang mudah digunakan dan meningkatkan interaksi pengguna tanpa harus mengalami kesulitan dan kebingungan dalam bermain. Hal ini ini menyimpulkan bahwa penerapan design principles sangat penting dalam pengembangan antarmuka game untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-23

How to Cite

Richardo, A., & Wahyu Tisno Atmojo. (2025). Penerapan Prinsip Desain Dalam Meningkatkan Antar Muka Pengguna (Studi Kasus Game Ethan: Into Reality Game) . Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi (SINTEK), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.56995/sintek.v5i1.83